PERKEMBANGAN, FUNGSI DAN PERAN
MEDIA SOSIAL
A.
Perkembanga
Media Sosial
Ø Awal mula
terbentuknya sosial media terjadi pada tahu 1978 dari penemuan sistem papan
buletin, yang dapat memungkinkan kita untuk mengunggah, atau mengunduh
informasi, dapat berkomunikasi dengan mengunakan surat elektronik yang koneksi
internetnya masih terhubung dengan saluran telepon dengan modem. Sistem papan
buletin ini ditemukan oleh Ward Christensen dan Randy Suess yang keduanya
adalah sesama pecinta dunia komputer.
Perkembangan sosial media pertaman kali dilakukan melalui pengiriman
surat elektronik pertama oleh peneliti ARPA ( Advanced Research Project Agency)
pada tahun 1971.
Ø 1995 Kelahiran
dari situs GeoCities, situs ini melayani Web Hosting yaitu layanan penyewaan penyimpanan
data - data website agar halaman website tersebut bisa di akses dari mana saja,
dan kemunculan GeoCities ini menjadi tonggak dari berdirinya website - website
lain.
Ø 1997 Muncul
situs jejaring sosial pertama yaitu Sixdegree.com walaupun sebenarnya pada
tahun 1995 terdapat situs Classmates.com yang juga merupakan situs jejaring
sosial namun, Sixdegree.com di anggap lebih menawarkan sebuah situs jejaring
sosial di banding Classmates.com
Ø 1999 Muncul
situs untuk membuat blog pribadi, yaitu Blogger. situs ini menawarkan
penggunanya untuk bisa membuat halaman situsnya sendiri. sehingga pengguna dari
Blogger ini bisa memuat hal tentang apapun. termasuk hal pribadi ataupun untuk
mengkritisi pemerintah. sehingga bisa di katakan blogger ini menjadi tonggak berkembangnya
sebuah Media sosial.
Ø 2002 Berdirinya
Friendster, situs jejaring sosial yang pada saat itu menjadi booming, dan
keberadaan sebuah media sosial
menjadi fenomenal.
Ø 2003 Berdirinya
LinkedIn, tak hanya berguna untuk bersosial, LinkedIn juga berguna untuk
mencari pekerjaan, sehingga fungsi dari sebuah Media Sosial makin berkembang.
Ø 2003 Berdirinya
MySpace, MySpace menawarkan kemudahan dalam menggunakannya,sehingga myspace di
katakan situs jejaring sosial yang user friendly.
Ø 2004 Lahirnya
Facebook, situs jejaring sosial yang terkenal hingga sampai saat ini, merupakan
salah satu situs jejaring sosial yang memiliki anggota terbanyak.
Ø 2006 Lahirnya
Twitter, situs jejaring sosial yang berbeda dengan yang lainnya, karena
pengguna dari Twitter hanya bisa mengupdate status atau yang bernama Tweet ini
yang hanya di batasi 140 karakter.
Ø 2007 Lahirnya
Wiser, situs jejaring social pertama sekali diluncurkan bertepatan dengan
peringatan Hari Bumi (22 April) 2007. Situs ini diharapkan bisa menjadi sebuah
direktori online organisasi lingkungan seluruh dunia termasuk pergerakan
lingkungan baik dilakukan individu maupun kelompok.
Ø 2011 Lahirnya
Google+, google meluncurkan situs jejaring sosialnya yang bernama google+,
namun pada awal peluncuran. google+ hanya sebatas pada orang yang telah di
invite oleh google. Setelah itu google+ di luncurkan secara umum.
Mungkin tidak banyak yang
mengetahui, bahwa sebelum eranya Facebook atau MySpace, bahkan Friendster, ada
sebuah jejaring sosial bernama Friends
Reunited. Dari infografik dan MarketingDirecto.com, berikut tercantum cukup lengkap perkembangan media
sosial dan internet sejak tahun 1978 hingga 2012. Terdapat beberapa hal menarik
sebelum muncul atau lahirnya Facebook, seperti kelahiran Friends Reunited, jejaring sosial
pertama pada tahun 1998 Hingga tahun 2003. Ketika Facebook lahir, jejaring
sosial Friends Reunited ini
memiliki 15 juta pengguna Hingga pada tahun 2008. Pada saat Facebook muncul
pertama kali, sosial media ini memiliki pengguna mencapai 400 juta pengguna.
Lalu pada tahun 2008 juga-lah Friends
Reunited dijual, dan akhirnya menghilang sampai sekarang. Pada
tahun 1995, internet baru memiliki satu juta situs. Sementara, tiga tahun
berikutnya, industridotcom sudah
sulit diprediksi. Data terakhir hanya menunjukkan pengguna internet dunia, yang
diperkirakan mencapai 1,97 miliar atau hampir 30 persen dari total populasi di Dunia. Dari infografik ini juga menunjukkan bagaimana bisnis di
media sosial cukup kejam, bagaimana MySpace yang menggeser Friendster,
tapi lalu akhirnya harus menyerah oleh Facebook. Google+ mungkin belum tampak
cukup besar untuk menggeser Facebook, tapi kalau melihat kurun waktu yang
dibutuhkan, Facebook butuh 4 tahun untuk berjaya, dan MySpace butuh 5
tahun. Kemungkinan apapun bisa terjadi.
B.
Fungsi
Media Sosial
Ketika kita mendefinisikan media
sosial sebagai sistem komunikasi maka kita harus mendefinisikan fungsi-fungsi
terkait dengan sistem komunikasi, yaitu :
Ø Administrasi
Pengorganisasian proofil karyawan
perusahaan dalam jaringan sosial yang relevan dan relatif dimana posisi pasar
anda sekarang. Pembentukan pelatihan kebijakan media sosial, dan pendidikan
untuk semua karyawan pada penggunaan media sosial. Pembentukan sebuah blog
organisasi dan integrasi konten dalam
masyarakat yang relevan. Riset pasatr untuk menemukan dimana pasar anda.
Ø Mendengarkan dan Belajar
Pembuatan sistem pemantauan untuk
mendengar apa yang pasar anda inginkan, apa yang relevan dengan mereka.
Ø Berpikir dan Perencanaan
Dengan melihat tahap 1 dan 2,
bagaimana anda akan tetap didepan pasar dan begaimana anda berkomunikasi ke
pasar. Bagaiman teknologi sosial meningkatkan efisiensi operasional hubungan
pasar.
Ø Pengukuran
Menetapkan langkah-langkah efektif
sangat penting untuk mengukur apakah
metode yang digunakan, isi dibuat dan alat yang anda gunakan efektif dalam
meningkatkan posisi dan hubungan pasar anda.
C. Peran
Media Sosial
Media sosial merupakan alat promosi
bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan
promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan
oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik
untuk menjangkau pelanggan dan klien. Media sosial sperti blog, facebook,
twitter, dan youtube memiliki sejumlah
manfaat bagi perusahaan dan lebih cepat dari media konvensional seperti media
cetak dan iklan TV, brosur dan selebaran.
Media sosial memiliki kelebihan dibandingkan dengan media
konvensional, antara lain :
Ø Kesederhanaan
Dalam sebuah produksi media
konvensional dibutuhkan keterampilan tingkat tinggi dan keterampilan marketing
yang unggul. Sedangkan media sosial sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang
tanpa dasar TI pun dapat mengaksesnya, yang dibutuhkan hanyalah komputer dan
koneksi internet.
Ø Membangun Hubungan
Sosial media menawarkan kesempatan
tak tertandingi untuk berinteraksi dengan
pelanggan dan membangun hubungan. Perusahaan mendapatkan sebuah feedback
langsung, ide, pengujian dan mengelola layanan pelanggan dengan cepat. Tidak
dengan media tradisional yang tidak dapat melakukan hal tersebut, media
tradisional hanya melakukan komunikasi satu arah.
Ø Jangkauan Global
Media tradisional dapat menjangkau
secara global tetapi tentu saja dengan biaya sangat mahal dan memakan waktu.
Melalui media sosial, bisnis dapat mengkomunikasikan informasi dalam sekejap,
terlepas dari lokasi geografis. Media sosial juga memungkinkan untuk
menyesuaikan konten anda untuk setiap segmen pasar dan memberikan kesempatan
bisnis untuk mengirimkan pesan ke lebih banyak pengguna.
Ø Terukur
Dengan sistemtracking yang mudah,
pengiriman pesan dapat terukur, sehingga perusahaan langsung dapat mengetahui
efektifitas promosi. Tidak demikian dengan media konvensional yang membutuhkan
waktu yang lama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar